Dugaan penyebab longsor di Papua Nugini sebabkan ratusan tewas

Papua Nugini sedang dilanda longsor sejak akhir pekan lalu. Bencana ini menyebabkan ratusan orang tewas.

Menyebabkan ratusan orang tewas mungkin menjadi tragedi besar yang memerlukan tanggapan darurat dan bantuan kemanusiaan

Sejauh ini korban tewas imbas longsor tercatat 670 orang. Namun, pihak berwenang menduga angka terus bertambah mengingat ribuan orang masih terkubur.

Di tengah bencana itu, proses pencarian korban disebut-sebut mengalami kendala karena kondisi wilayah penuh bukit dan bebatuan.

Sejauh ini juga tak diketahui penyebab pasti longsor yang melanda Provinsi Enga.

Namun, professor geologi dari Universitas Adelaide, Allan Collins, menduga bencana itu terjadi di wilayah dengan curah hujan cukup besar.

Penyebab longsor sering kali kompleks dan dapat melibatkan faktor-faktor seperti cuaca ekstrem, perubahan iklim, perubahan lingkungan, atau faktor manusia seperti deforestasi dan pembangunan yang tidak tepat.

“Meskipun tanah longsor tampaknya tidak dipicu secara langsung oleh gempa bumi, namun sering terjadi gempa bumi yang disebabkan tumbukan lempeng yang membentuk lereng curam dan pegunungan tinggi sehingga bisa menjadi sangat tidak stabil,” kata Collins, dikutip CNN, Senin (27/5).

Dia mengatakan curah hujan bisa saja mengubah mineral penyusun batuan dasar, sehingga melemahkan batuan pembentuk lereng bukit yang curam.

“Vegetasi mengurangi hal ini. Karena akar pohon bisa menstabilkan tanah dan penggundulan hutan bisa membuat tanah longsor lebih sering terjadi dengan menghancurkan jaring biologis ini,” imbuh dia.

Sementara itu, pengamat dari World Vision, Jensen, mengatakan sejauh ini tak ada gempa bumi di Papua Nugini.

Namun, dia mengakui belakangan ini sejumlah wilayah di PNG diguyur hujan deras.

“Kami mengalami cukup banyak hujan dan banyak cuaca di luar musim yang terjadi di seluruh Papua Nugini,” kata Jensen.

“Ada banjir di provinsi lain dan kita menghadapi banyak tantangan yang diperburuk oleh perubahan iklim,” imbuh dia.

Jensen menjelaskan World Vision akan melakukan penelitian dan analisis lebih lanjut untuk mencari tahu penyebab longsor di Papua Nugini

Bencana alam seperti longsor sering kali menunjukkan pentingnya kerja sama internasional dalam memberikan bantuan dan mendukung upaya pemulihan. Apakah Anda ingin tahu lebih lanjut tentang upaya bantuan atau situasi terkini di Papua Nugini?